Selasa, 28 Desember 2010

PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING



Materi dalam Ms. Word

MARI KITA MENGENAL LEBIH DALAM
TENTANG DOMAIN DAN HOSTING

DOMAIN
Nama Domain (domain name) adalah susunan huruf yang digunakan sesuai dengan identitas dalam komputer-komputer di internet. Nama domain diklasifikasi ke dalam beberapa tingkat (level) dan mengikuti kepemilikan domain yang biasanya terbatas pada periode tertentu.
Uraian berikut menerangkan domain tingkat tinggi (top-level domains ), domain tingkat dua (second-level domains), domain tingkat tiga (third-level domains), dan domain negara (country domains).
Domain tingkat tinggi (Top-Level Domains)
Domain pada tingkat ini diorganisasikan atas tingkatannya dan yang paling tinggi dituliskan di sebelah kanan. Contoh pada domain "itb.ac.id" yang disebut domain tingkat tinggi adalah "ac.id"
dan domain tingkat dua adalah "itb.ac.id", sedangkan domain tingkat tiga adalah "www.itb.ac.id".

Indonesia seperti halnya negara-negara lain, telah memiliki domain negara. Pengelola nama domain di Indonesia adalah IDNIC. Domain tingkat tinggi yang dikelola IDNIC antara lain :
.go.id -- digunakan untuk situs-situs pemerintah Indonesia.
.mil.id -- digunakan untuk situs-situs militer Indonesia.
.net.id -- digunakan untuk situs-situs Internet Service Provider.
.or id -- digunakan untuk situs-situs organisasi.
.co.id -- digunakan untuk lembaga bisnis,
.web.id -- digunakan untu situs-situs perorangan atau lembaga bisnis.
.ac.id -- digunakan untuk lembaga pendidikan tinggi seperti itb.ac.id
Domain Tingkat Dua (Second-Level Domains)
Umumnya domain tingkat dua seperti .com diberikan (shared) kepada organisasi-organisasi
yang tergabung didalamnya. Domain tingkat dua seperti "yahoo.com" dan "livinginternet.com", mungkin saja dilakukan registrasinya oleh perorangan.
Domain Tingkat Tiga (Third-Level Domains)
Domain tingkat tiga biasanya dibuat oleh pihak-pihak yang telah memiliki domain tingkat dua. Mereka dapat mempergunakannya untuk tujuan yang berbeda-beda, misalnya satu domain untuk akses web dan satu lagi hanya untuk email.
Contoh :
www.republika.co.id
mail.republika.co.id Domain Negara Lain (Others Country Domains)
Tiap negara memiliki domain tingkat tinggi. Contoh :


















HOSTING

Nah sekarang bagaimana supaya file – file kita dapat dibaca oleh orang lain?
File – file dokumen harus kita simpan pada suatu tempat, bukan dikomputer kita .Kita harus menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan file dokumen kita. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi kita membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk
menyimpan file - file kita. Pembayaran hosting biasanya bulanan.

Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1.Kapasitas: Semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal. Misalnya 25MB, 50MB atau 1GB.
2.Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, hostingnya mendukung file PHP atau tidak? Jangan sampai kita membuat website dengan PHP tetapi kita
membeli hosting yang tidak mendukung PHP.
3. Online 24 jam: Perusahaan hosting yang baik adalah yang online selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba website kita ada masalah makadapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting tersebut.
4. Database: Apabila kita membuat website dinamis, pastikan memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakandan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
5. Backup: Apakah hosting yang kita sewa membackup data kita setiap hari.Ini penting kalau tiba – tiba data kita hilang maka file-file kitadi backup di hosting apa tidak.
6. Bandwith: Kita harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan.
Tipe-tipe Hosting
Virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah.
Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, tidak perlu membayar apa-apa
tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website kita
Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik kita. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya.
Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah kita, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.Karena anda sudah mengerti anda dapat memilih hosting dengan bijaksana.


Perusahaan penjual hosting
Ada banyak sekali perusahaan yang menjual hosting dan domain. Salah satunya adalah jagoanhosting, yang terkenal karena murah dan mudah. Ada juga masterwebnet, idwebhost ,Singcat dan lain - lainAnda telah mengerti mengenai domain dan hosting
sekarang anda siap untuk mengonlinekan website anda.

TERIMA KASIH SEMOGA SUKSES




Share

Artikel yang berkaitan



1 komentar:

ainun mengatakan...

NAMA:ainun jamilah
KELAS:9a
ALAMAT BLOG:http//ainun-jamilah.blogspot.com

Posting Komentar

Komentar yang sopan, santun dan bijak merupakan ciri dan tanda orang yang dewasa dalam berpikir